Rabu, 08 April 2020

8 Tips Ketika Ingin Berteduh Dikala Hujan Berpetir

Tips berteduh saat hujan ini mungkin terdengar mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Namun, sebenarnya tips berteduh saat hujan ini perlu untuk Anda simak dan pahami. Hal tersebut karena hingga saat ini masih ada saja kejadian tersambar petir saat sedang berteduh. Bahkan banyak masyarakat yang mungkin masih menganggap berteduh di bawah pohon misalnya, merupakan lokasi yang aman untuk berteduh.

Saat sedang hujan deras sering kali petir muncul teradi dengan cahaya kilat di langit. Selain cahaya kilat yang terkadang bisa menyilaukan mata, bunyi dari suara petir tersebut pun tidak kalah menakutkan. Sebelum kita membahas mengenai tips berteduh saat hujan kita akan sedikit membahas tentang apa sebenarnya petir tersebut dan mengapa petir dapat muncul.

Petir terjadi karena adanya perbedaan potensial antara sesama awan atau awan dengan Bumi. Energi listrik dari muatan positif dan negatif yang terdapat di awan menumpuk, terhempas ke udara dan terjadilah petir. Terkadang petir dapat muncul tidak hanya saat turun hujan saja, petir juga dapat muncul sebelum terjadinya hujan.

Pada saat terjadinya hujan deras disertai petir banyak orang berpikir akan aman walaupun sedang di bawah pohon maupun di tanah lapang. Namun sebetulnya hal itu masih tetap saja berisiko. Sambaran petir dapat menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh manusia, pun tidak sedikit korban akhirnya sampai meninggal dunia. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk mengetahui tips berteduh saat hujan, terutama jika hujan tersebut disertai petir.

Berikut ini Kita telah merangkum dari berbagai sumber tentang apa saja sebenarnya tips berteduh saat hujan yang aman dan dapat Anda lakukan saat terjadi hujan deras disertai petir:

Hindari tanah lapang dan benda-benda tinggi

1. Segera masuk ruangan saat terdengar guntur

Pada saat Anda mendengar guntur yang terjadi pada saat hujan deras, segeralah untuk mencari ruangan untuk menghindari sambaran petir. Karena tempat yang paling aman agar terhindar dari sambaran petir adalah di dalam ruangan, rumah atau gedung. Jangan sampai Anda berada di luar ruangan atau bahkan di tanah lapang. Namun apabila Anda sedang di luar dan tidak dapat menemukan ruangan atau gedung tertutup, maka Anda dapat berlindung di dalam mobil atau carilah halte yang tertutup dan cukup dirasa aman.

2. Jangan di tanah lapang tanpa pelindung atap

Jika Anda berada sedang di area sawah atau perkebunan, tanah lapangan, jalan raya, maupun daerah taman, lebih baik Anda segera berlindung. Karena saat terjadi hujan deras disertai petir, petir akan selalu mencari daerah berupa tanah lapang untuk melepaskan seluruh energinya dan tentunya hal tersebut sangat berbahaya sekali bagi Anda.

3. Hindari pohon

Memang pohon mungkin akan membantu kita tidak terlalu basah saat hujan, karena pohon baik untuk berteduh agar terhindar dari air. Namun, jika hujan tersebut disertai petir, Anda justru jangan berlari dan berlindung di bawah pohon. Apalagi jika pohon yang digunakan untuk berteduh adalah pohon yang cukup tinggi ukurannya. Karena, pada saat petir menyambar pohon tersebut, energi yang berasal dari petir dapat melompat dan tersalurkan ke badanmu jika sedang berteduh di dekatnya.

4. Jauhi menara dan tiang listrik

Tips selanjutnya yaitu hindari untuk berdiri di dekat tiang listrik atau menara, karena petir sangat mudah menyambar tempat atau lokasi yang tinggi. Akan sangat menambah risiko jika Menara atau tiang listrik tersebut terbuat dari material seperti baja, dimana akan menambah risiko tersambar petir saat Anda berada di dekatnya.

5. Jangan di dekat kolam renang

Menjauhkan diri dari kolam renang sangat perlu Anda lakukan, karena saat Anda berenang di kondisi hujan deras yang disertai petir, Anda dapat tersambar petir. Air merupakan benda yang dapat menyalurkan energi listrik, dan energi listrik dari petir telah ikut disalurkan oleh air hujan dari awan menuju ke bumi. Sehingga hal tersebut tentunya akan semakin memperbesar potensi Anda tersambar petir.

6. Pakai alas kaki

Ini sebenarnya sudah wajib dilakukan jika Anda sedang di luar ruangan, terutama untuk menghindari kaki dari risiko terkena benda tajam dan kotoran. Namun di Indonesia pasti Anda pernah melihat jika terkadang saat hujan, orang-orang banyak yang rela tidak menggunakan alas kaki karena takut sepatu atau alas kakinya basah, apalagi jika alas kaki tersebut tidak terbuat dari karet atau bahan anti air.

Jadi untuk Anda yang sedang berada di luar ruangan, selalu menggunakan alas kaki berbahan karet untuk meminimalisir risiko untuk tersambar petir. Karena, apabila Anda berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki, Anda bisa terkena ketika petir dengan mudahnya saat petir menyambar tanah di sekitar lokasi Anda berdiri.

7. Jangan mengendari motor atau sepeda pada saat hujan disertai petir

Apabila Anda sedang dalam posisi untuk berkendara, janganlah memaksakan untuk tetap melanjutkan perjalanan pada saat sedang hujan deras disertai petir. Lebih baik Anda berteduh dan menunggu hingga hujan reda. Karena sering kali kejadian pohon tumbang di jalanan terkena petir, dan hal tersebut sering merenggut nyawa orang yang sedang berkendara. Oleh sebab itu, berteduhlah saat hujan.

8. Beri jarak dengan orang lain saat berteduh di luar ruang

Saat sedang di luar ruangan dan sedang terjadi hujan disertai petir, jika kita terlalu berdekatan dengan orang yang ada disekitar kita, ternyata menambah risiko untuk kita tersambar, bahkan untuk orang yang berteduh di halte bus yang masih ada ruang terbukanya sekalipun. Tubuh manusia banyak mengandung air, dan dapat dijadikan media untuk menghantarkan energi listrik. Sehingga sangat dianjurkan untuk menjaga jarak dengan orang sekitar Anda kira-kira 3 - 5 meter.

Nah, semoga artikel tentang tips berteduh saat hujan di atas dapat membantumu terhindar dari risiko tersambar petir ya.