Jumat, 05 Juni 2020

Hilangkan Biang Keringat Dengan 7 Bahan Alami

Cara menghilangkan biang keringat bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan-bahan alami. Biang keringat atau miliaria merupakan salah satu masalah pada kulit yang biasanya ditandai dengan adanya bintik merah halus yang muncul di sekitar leher, jidat, punggung, dada, dan paha.

Bila terkena sinar matahari secara langsung, biang keringat biasanya akan terasa gatal serta menyebabkan sensasi perih di kulit. Masalah kulit ini umum terjadi pada bayi, namun bukan tidak mungkin jika orang dewasa juga terkena biang keringat. Lantas, bagaimana cara menghilangkan biang keringat? berikut informasi selengkapnya:

Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya mampu membantu mengatasi berbagai masalah kulit, salah satunya biang keringat. Lidah buaya memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik yang dapat membantu mengurangi berbagai jenis masalah kulit.

Caranya hanya dengan mengambil daging lidah buaya yang berwarna putih lalu mengoleskannya pada kulit yang terkena biang keringan minimal satu kali dalam sehari.

Soda Kue

Soda kue memberikan efek dingin pada kulit sekaligus memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah infeksi pada biang keringat. Cara menggunakan soda kue sebagai obat biang keringat adalah dengan menyiapkan dua sendok soda kue, semangkuk air dingin dan lap mandi.

Kemudian larutkan soda kue ke dalam air dingin. Celupkan lap mandi, ke dalam larutan dan gosokkan dengan lembut pada bagian kulit untuk menyembuhkan panas pada biang keringat. Diamkan beberapa saat sebelum kamu membilasnya. Kamu bisa melakukan ini 1-2 kali setiap hari.

Es Batu

Biang keringat disebabkan karena tubuh yang panas dan memproduksi keringat yang berlebih. Es batu bisa membantu untuk meredakan kulit kemerahan dan iritasi seperti biang keringat.

Siapkan es batu dan handuk, taruh beberapa potong es batu pada handuk dan tempelan pada kulit yang sakit. Atau cara lain dengan bahan ini yaitu dengan mencairkan es batu dan merendam handuk di dalamnya. Gunakan untuk mengoleskan pada kulit yang sakit.

Oatmeal

Selain dipercaya mampu membantu meredakan jerawat, oatmeal juga dikatakan dapat membantu proses pengelupasan kulit dan juga membersihkan saluran keringat yang tersumbat. Siapkan 1-2 cagkir oatmeal. Rendam 15-20 menit oatmeal kedalam air hangat. Kamu juga bisa menggunakan oatmeal untuk menggosokan dengan lembut pada area biang keringat.

Cendana

Cendana dipercaya mampu membantu mengatasi produksi keringat berlebih pada tubuh. Keringat merupakan penyebab utama terjadinya biang keringat yang gatal. Langkah pengaplikasiannya adalah dengan mencampurkan bubuk cendana dengan air mawar, lalu dibalurkan pada bagian-bagian tubuh yang mengeluarkan keringat secara berlebihan.

Lemon

Lemon memiliki kandungan asam yang mampu mengontrol minyak. Untuk membantu menghilangkan biang keringat, kita bisa membilas tubuh Anda dengan air campuran perasan lemon untuk pengaplikasiannya. Namun, bahan ini tidak terlalu direkomendasikan bagi orang yang memiliki kulit yang sensitif.

Jahe

Jahe juga diketahui dapat membantu meringankan sensasi gatal dan menyengat yang disebabkan oleh biang keringat. Siapkan 1 ruas jahe, air dan lap mandi. Parut jahe tersebut dan rebus menggunakan air. Diamkan beberapa saat agar dingin dan gunakan lap untuk mengoles pada kulit yang sakit. Cara ini dilakukan dua kali sehari.