Selasa, 21 Juli 2020

4 Perbedaan Laut Dan Samudra Yang Harus Diketahui

Laut dan samudra adalah perairan yang sangat luas. Kedua perairan ini juga memiliki warna biru dan kandungan garam yang sama. Sekilas memang sama, berupa perairan luas seakan tak terhingga. Namun, ternyata laut dan samudra itu memiliki perbedaan dari beberapa sisi. Yuk, kenali apa saja perbedaan dari laut dan samudra yang harus kamu pahami!
4 Perbedaan Laut Dan Samudra Yang Harus Diketahui

1. Perbedaan definisi

Laut merupakan kumpulan air yang menutupi lapisan permukaan bumi dan menjadi bagian dari samudra. Sedangkan, samudra merupakan kumpulan laut yang terpisahkan oleh benua atau pulau besar, serta memiliki massa air sekitar 70 persen bumi.

2. Perbedaan luas

Laut memiliki luas sekitar satu hingga tiga juta kilometer persegi. Sedangkan, samudra memiliki luas hingga ratusan juta kilometer. Contohnya Laut Karibia yang memiliki luas 2.754.000 kilometer persegi dan Laut Mediterania yang memiliki luas 2.500.000 kilometer persegi. Sementara itu, Samudera Pasifik memiliki luas 165.250.000 kilometer persegi dan Samudera Atlantik dengan luas 106.450.000 kilometer persegi.

3. Perbedaan kedalaman

Selain dilihat dari luasnya, kedua perairan ini juga memiliki tingkat kedalaman yang berbeda. Laut memiliki kedalaman 1.000-2.000 meter saja, sedangkan samudra bisa mencapai kedalaman hingga belasan ribu meter. Sehingga, laut memiliki kedalaman yang lebih dangkal dibanding samudra.

4. Perbedaan letaknya

Selain itu, laut dan samudra juga bisa dilihat dari fisik atau letaknya. Laut memisahkan dua daratan atau lebih yang berupa pulau. Sedangkan, samudra memisahkan dua daratan atau lebih berupa benua atau daratan yang luas. Misalnya, Laut Jawa berada di antara Pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan. Sedangkan, Samudra Hindia berada di antara Benua Asia, Afrika, dan Australia.

Itulah beberapa perbedaan antara laut dan samudra yang harus kamu pahami. Nah, jangan sampai tertukar lagi, ya!